Jumat, 17 Mei 2013

Dewata Nawasanga

DEWATA NAWASANGA

Dewata Nawasanga adalah sembilan Manifestasi Sang Hyang Widhi sebagai penguasa sembilan penjuru mata angin alam semesta.


Dewata Nawasanga terdiri dari :
1. Iswara
Dewa Iswara adalah gelar Sang Hyang Widhi sebagai penguasa arah Timur dalam pengider-ideran, Uripnya 5 (Lima), Warnanya Putih, dan Senjatanya Bajra.

2. Mahesora
Dewa Mahesora adalah gelar Sang Hyang Widhi sebagai penguasa arah Tenggara dalam pengider-ideraen, Uripnya 8 (Delapan), warnanya Merah Muda, dan senjatanya Dhupa.

3. Brahma
Dewa Brahma adalah gelar Sang Hyang Widhi sebagai penguasa arah Selatan dalam pengider-ideran, Uripnya 9 (Sembilan), Warnanya Merah, dan Senjatanya Gada.

4. Rudra
Dewa Rudra adalah gelar Sang Hyang Widhi sebagai penguasa arah Barat Daya dalam pengider-ideran, Uripnya 3 (Tiga), Warnanya Jingga, dan senjatanya Moksala.

5. Mahadewa
Dewa Mahadewa adalah gelar Sang Hyang Widhi sebagai penguasa arah barat dalam pengider-ideran, uripnya 7 (tujuh), warnanya Kuning, dan senjatanya Naga Pasa.

6. Sankara
Dewa Sankara adalah gelar Sang Hyang Widhi sebagai penguasa arah Utara dalam pengider-ideran, uripnya 1 (satu) warnanya Hijau, dan senjatanya Angkus.

7. Visnu
Dewa Visnu adalah gelar Sang Hyang Widhi sebagai penguasa arah Utara dalam pengider-ideran, uripnya 4 (empat), warnanya Hitam, dan senjatanya Cakra.

8. Sambhu
Dewa Sambhu adalah gelar Sang Hyang Widhi sebagai penguasa arah Timur Laut dalam pengider-ideran, uripnya 6 (enam), warnanya Biru (abu-abu), dan senjatanya Tri Sula.

9. Siva
Dewa Siva adalah gelar Sang Hyang Widhi sebagai penguasa arah Tengah (Madya) dalam Pengider-ideran, uripnya 8 (delapan),warnanya Panca Warna, dan senjatanya Padma.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More