Sabtu, 21 Januari 2012

Situs Umat Hindu

KESATUAN MAHASISWA HINDU DHARMA INDONESIA
www.kmhdi.org


KMHDI adalah sekolah, tempat belajar manis dan pahit getir kehidupan. Di sekolah ini, setiap kader di gembleng jatuh bangun, dibentuk oleh panas dan hantaman godam, hingga matang secara intelektual dan mental, sehingga siap menjadi calon pemimpin Hindu di masa depan. Pendewasaan tidak hanya muncul dari kesulitan dan kepahitan, namun juga tumbuh dari kemampuan dan kemauan menghindari asyik masyuk manis-madu duniawi, menghindari kekuasaan, menghindari rayuan uang ataupun kedudukan. Ketahanan kolektif KMHDI terhadap godaan dan rayuan sesaat telah menyelamatkan dan mendewasakan organisasi ini.


PARISADA HINDU DHARMA INDONESIA
www.parisada.org


Parisada Hindu Dharma Indonesia merupakan organisasi umat Hindu Dharma yang memuat berbagai pengetahuan tentang Hindu dan artikel -artikel umat Hindu Dharma.

BABAD BALI
www.babadbali.com



Adalah website yang dikelola oleh Yayasan Bali Galang. Tujuan utama dari yayasan ini adalah melestarikan budaya Bali dengan mengumpulkan sebanyak mungkin pengetahuan mengenai tradisi dan budaya Bali, serta menyiarkannya secara luas agar dapat dijadikan pedoman oleh yang memerlukannya. Yang terutama adalah untuk lingkungan warga Bali sendiri, selebihnya baru untuk pemerhati dan pengamat dari luar. Sekelumit dari tujuan misi itu tampil dalam website ini. Semua yang terpampang dalam kelir ini adalah bahan diskusi, agar isinya dapat secermat mungkin dalam pemaparannya. Koreksi dan komentar kami bebankan kepada seluruh pemerhati. Agar dengan rasa sadar, ikhlas dan rasa ikut memiliki menyumbangkan pendapat dan pengetahuannya untuk kebaikan bersama.


MEDIA HINDU
www.mediahindu.net



MEDIA HINDU adalah Majalah Umat Hindu Indonesia dengan Wawasan Global
MEDIA HINDU memuat informasi tentang berbagai permasalahan yang dihadapi dan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh umat Hindu di seluruh dunia. Media Hindu memuat tulisan hasil pemikiran para tokoh intelektual dan spiritual Hindu di seluruh dunia. Tentu saja permasalahan dan kegiatan umat Hindu, dan tulisan tokoh-tokoh Hindu di Indonesia diutamakan. Sudah waktunya umat Hindu di Indonesia memperluas dan meningkatkan wawasannya dengan membaca tulisan-tulisan pilihan dari Media Hindu.

VEDASASTRA
www.vedasastra.com


Vedasastra, sebuah nama yang saya pilih, awalnya dibangun pada tanggal 14 Desember 2009 dalam bentuk sebuah blog. Pada awalnya, blog Vedasastra sangat sepi pengunjung, per harinya hanya mencapai 2 sampai 20 orang, paling banyak 40 orang. Beberapa bulan yang lalu, terjadi sebuah kasus pengejekan hari raya suci Hindu yaitu hari raya Nyepi yang mendorong facebooker Hindu membuat berbagai grup untuk mengecam hal tersebut. Pada saat itulah saya jadikan kesempatan untuk menginformasikan keberadaan blog Vedasastra. Dan ternyata, yang biasanya 20 kunjungan per hari, pada saat itu meledak menjadi 700-800 kunjungan per hari. Dan sampai saat ini, masih banyak kunjungan dan komentar dari rekan-rekan Hindu yang memiliki sedikit/banyak antusias akan blog Vedasastra.


HUKUM HINDU
www.hukumhindu.com


Situs yang dibangun pada tanggal 23 september 2010, bulan Purnama Kapat, Wraspati Wage Watugunung, berdekatan dengan hari turunya Ilmu Pengetahuan atau Hari Saraswati adalah sebuah situs yang menampung berbagai tulisan berupa materi Hukum Agama Hindu, Hukum Adat dan Hukum Nasional. Di samping itu, kami juga mengangkat seputar masalah-masalah yang terjadi dalam masyarakat adat beragama untuk kita kaji bersama. Situs ini menjadi sebuah sarana untuk memperkenalkan Hukum Hindu bagi masyarakat adat beragama Hindu khususnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More